E-Filing

     e-Filing adalah salah satu cara penyampaian SPT secara elektronik yang dapat dilakukan melalui website Direktorat Jenderal Pajak (www.pajak.go.id) atau melalui website Penyedia Jasa Aplikasi (Application Service Provider “ASP”) penyampaian SPT Elektronik (e-Filing)..

     Wajib Pajak diharuskan memiliki e-FIN sebelum dapat menyampaikan SPT atau pemberitahuan perpanjangan SPT Tahunan secara e-Filing. Untuk memperoleh e-FIN, bagi Wajib Pajak yang akan menyampaikan SPT secara e-Filing melalui website Direktorat Jenderal Pajak dapat mengajukan permohonan e-FIN ke KPP terdekat, sedangkan bagi Wajib Pajak yang akan menyampaikan SPT secara e-Filing melalui ASP harus mengajukan permohonan e-FIN ke KPP tempat Wajib Pajak terdaftar.


CARA REGISTRASI PELANGGAN E-FILING ASP BRI

Untuk melakukan registrasi pelanggan e-Filing melalui ASP BRI harus melakukan beberapa tahap sebagai berikut:

  1. Registrasi Electronic Filing Identification Number (e-FIN) Di KPP Terdekat

    Electronic Filing Identification Number (e-FIN) adalah nomor identitas yang diterbitkan oleh Kantor Pelayanan Pajak kepada Wajib Pajak yang mengajukan permohonan untuk melaksanakan e-Filing.

    Untuk memperoleh e-FIN, Wajib Pajak dapat memperolehnya di Kantor Pelayanan Pajak terdekat. Wajib Pajak atau kuasanya dapat mengajukan permohonan e-FIN dengan cara mengisi dan menyampaikan formulir permohonan e-FIN secara langsung ke KPP terdekat dengan menggunakan formulir sesuai Lampiran PER-1/PJ/2014 dengan menyertakan:

    1. Mengisi dan menandatangani Formulir Permohonan e-FIN; dan
    2. Asli kartu identitas diri Wajib Pajak atau kuasanya untuk ditunjukkan kepada petugas pajak; dan
    3. Fotokopi identitas diri WP dan fotokopi NPWP atau Surat Keterangan Terdaftar Wajib Pajak; dan
    4. menyampaikan surat kuasa khusus bermeterai sebagai lampiran formulir Permohonan e-FIN dalam hal permohonan disampaikan oleh kuasa Wajib Pajak.
  2. Registrasi e-Filing ASP BRI
    1. Registrasi Awal
    2. Setelah mendapatkan e-FIN, Wajib Pajak dapat melakukan registrasi dan pendaftaran sesuai dengan Syarat dan Ketentuan untuk menjadi pelanggan e-Filing ASP BRI melalui Website BRI dengan alamat https://eform.bri.co.id/efiling. Melalui proses registrasi tersebut Wajib Pajak akan memperoleh user ID, Password, Kode Referensi, dan Digital Certificate.

    3. Login e-Filing
    4. Setelah melakukan registrasi dan pendaftaran sebagai pelanggan e-Filing ASP BRI, Wajib Pajak melakukan Login menggunakan ID Pengguna (NPWP) dan Password. Selanjutnya apabila berhasil akan muncul tampilan Profil Wajib Pajak yang bersumber dari Data Base Direktorat Jenderal Pajak (DJP).

    5. Register Digital Certificate
    6. Merupakan proses permintaan Digital Certificate berlangganan E-Filing antara Wajib Pajak dengan DJP melalui Layanan Perusahaan ASP. Fungsi dari Digital Certificate adalah untuk:

      • Melakukan pengacakan data SPT (encryption)
      • Otentifikasi pengirim data SPT
      • Menjamin integritas data SPT
      • Mencegah penyangkalan (non-repudiation).
      • Install Digital Certificate

      Proses instalasi Digital Certificate ini dapat dilakukan oleh Wajib Pajak dengan 2 pilihan yaitu :

      • Simpan dan Instalasi Digital Certificate
      • Dengan persetujuan dari Wajib Pajak, maka Digital Certificate akan terkirim secara otomatis kepada alamat email yang didaftarkan saat proses registrasi awal selanjutnya akan ter-install dan tersimpan secara otomatis ke dalam Data Base ASP BRI dimana akan dipergunakan untuk Pelaporan Pajak melalui Layanan e-Filing ASP.

      • Simpan Digital Certificate
      • Dengan persetujuan dari Wajib Pajak, maka Digital Certificate hanya akan terkirim secara otomatis kepada alamat email yang didaftarkan saat proses registrasi awal tanpa ter-install dan tersimpan secara otomatis ke dalam Data Base ASP BRI. Apabila Wajib Pajak ingin melakukan pelaporan pajak melalui layanan e-Filing BRI maka Digital Certificate harus di Upload terlebih dahulu pada Website BRI dengan alamat https://eform.bri.co.id/efiling

    7. Upload CSV File Pelaporan Pajak
    8. Selanjutnya Wajib Pajak melakukan Upload CSV File untuk melakukan Pelaporan Pajak. Setelah proses Uploading berhasil, maka Wajib Pajak akan mendapatkan Kode Referensi yang digunakan untuk pembayaran fee pelaporan kirim SPT elektronik.

  3. Pembayaran Fee dan Pelaporan SPT e-Filing ASP BRI

    Upload CSV selesai dan mendapatkan Kode Referensi. Kode Referensi ini selain berisikan informasi data pelaporan pajak juga sekaligus sebagai Billing yang menginformasikan Jumlah fee pelaporan yang dipungut BRI atas pelaporan pajak tersebut. Wajib Pajak dapat melakukan pembayaran fee pelaporan pajak tersebut melalui berbagai cara sebagai berikut :

    1. Wajib Pajak sebagai Walk In Customer (WIC) yang belum menggunakan aplikasi Internet Banking (IB) dan Cash Management System (CMS) akan datang ke Jaringan Kerja BRI untuk melakukan Submit Pelaporan Pajak kepada Teller pada Aplikasi Brinets Ekpress berdasarkan Kode Referensi dan melakukan pembayaran Fee atas Pelaporan tersebut. Proses Submit yang dilakukan Teller sekaligus melakukan proses pengiriman data Pelaporan Pajak ke Server DJP.
    2. Wajib Pajak yang telah menggunakan Aplikasi IB BRI dan Aplikasi CMS BRI melakukan Submit dan dikenakan Fee atas Pelaporan tersebut. Proses Submit yang dilakukan Wajib Pajak sekaligus melakukan proses pengiriman data Pelaporan Pajak ke Server DJP.

    Setelah proses pembayaran fee pelaporan dan Submit berhasil dilakukan, selanjutnya Wajib Pajak akan mendapatkan Bukti Pelaporan Pajak berupa BPE (Bukti Penerimaan Elektronik) dan NTTE (Nomor Tanda Transaksi Elektronik) akan dikirimkan langsung oleh DJP melalui server ASP BRI ke alamat email yang sudah didaftarkan sebelumnya oleh Wajib Pajak.